Maukah Kamu Coba Hubungan dengan Kontrak?


Pernahkah Kamu mendengar tentang kontrak hubungan (juga terkadang disebut sebagai perjanjian hubungan)? Bagi yang belum, memang terdengar aneh atau mungkin lebih umum dikaitkan dengan urusan kawin kontrak. Hanya saja dalam artiannya jelas berbeda.

Selengkapnya soal hukum kontrak dalam menjalin hubungan

Kontrak hubungan adalah dokumen yang ditulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Tetapi, sebenarnya, kontrak adalah katalisator untuk percakapan yang sangat jujur. Itu bukan kontrak pernikahan. Ini adalah kontrak hubungan. Menurut laman Jordangrayconsulting, ternyata kontrak hubungan ini memiliki beberapa manfaat.

1. Kejujuran

Begitu banyak kontrak sosial yang dibangun dengan orang-orang dalam kehidupan, artinya mereka tidak pernah secara eksplisit dibicarakan. Membuat kontrak Kamu dengan mitra Kamu akan memberi Kamu berdua peluang untuk menjadi 100% transparan dan jujur tentang apa yang penting bagi Kamu dalam hubungan Kamu.

Dengan menyelesaikannya di awal hubungan Kamu, Kamu dapat menghindari perkelahian, frustrasi, dan kebencian yang tidak perlu karena kejujuran yang Kamu bawa dalam proses menciptakan kontrak hubungan Kamu. Artinya, ketika Kamu mencatat kontrak, di sini Kamu berarti menyertakan syarat keujujuran.

2. Komunikasi

Ada juga efek positif dari memiliki kontrak hubungan di tingkat kejujuran yang kemudian Kamu rasakan dapat membawa ke setiap momen hubungan Kamu. Dengan saling memutuskan untuk menandatangani kontrak sosial tak terucapkan dan membawa ke dalam terangnya hubungan, Kamu dan pasangan akan merasa jauh lebih aman untuk terus menjadi komunikator yang disengaja dalam cara Kamu terlibat satu sama lain dalam jangka panjang.

3. Kejelasan dan Keselarasan dalam Niat Kamu

Menulis kontrak hubungan akan menjadi langkah penting untuk menemukan kejelasan dan keselarasan dalam keinginan bersama Kamu. Seperti misalnya, seputar keuangan atau bahkan hubungan yang lebih intim.

Begitu banyak argumen dan kekesalan yang muncul dari hubungan adalah murni hasil dari satu atau kedua orang dalam hubungan yang merasa bahwa mereka tidak mendapatkan kebutuhan mereka terpenuhi.

4. Arriving vs sliding

Pernahkah Kamu mendengar tentang fenomena Arriving vs sliding? Sederhananya, ada perbedaan psikologis yang besar (yang berdampak positif atau negatif terhadap hubungan Kamu dalam jangka panjang) jika Kamu masuk ke dalam tonggak hubungan besar Kamu.

Di sinilah kontrak hubungan Kamu berbicara. Apakah Kamu sudah berpacaran selama lima jam, lima minggu, atau lima tahun. Tidak pernah ada kata terlambat untuk menyusun kontrak hubungan antara Kamu dan pasangan Kamu karena itu membantu menggerakkan investasi Kamu dalam sebuah hubungan untuk upaya dan kejelasan komunikatif yang ingin Kamu bawa ke kehidupan cinta Kamu.

Jadi daripada membiarkan kontrak sosial Kamu terselubung, tidak jelas, dan tidak terucap, mengapa tidak duduk bersama dan memuat perjanjian kontrak yang disusun bersama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.